Kamis, 16 Juni 2011

Internet Technology Empowerment For Education

Internet adalah suatu teknologi yang memang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Teknologi yang satu ini seperti sebuah buku raksasa yang memuat berbagai informasi apapun dan dari belahan dunia manapun.

Hanya dengan internet, kita pun bisa mengetahui negara lain tanpa harus susah-susah terbang dengan pesawat. Bahkan, kita bisa langsung berhubungan dengan orang asing bila memang mau.

Saat ini, keberadaan internet memang memiliki pengaruh cukup besar bagi masyarakat Indonesia khususnya siswa sekolah, baik yang masih duduk di bangku SD sampai perkuliahan. Apalagi saat ini sekolah-sekolah dan universitas sudah menerapkan pengajaran dengan memanfaatkan media internet.

Manfaat Internet Bagi Siswa

Apakah internet benar-benar memberikan manfaat yang signifikan bagi para siswa sekolah di Indonesia? Mungkin iya, karena sudah cukup banyak siswa yang merasakaan manfaatnya. Berikut ini beberapa contoh manfaat internet bagi siswa sekolah.

* Hampir sama seperti buku, teknologi internet memberikan informasi yang begitu melimpah. Hal ini tentu sangat membantu para siswa sekolah dalam melaksanakan proses belajar.
* Siswa mungkin akan merasa bosan ketika belajar hanya dengan tumpukan buku. Internet merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih semangat belajar. Apalagi, internet menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Misalnya, adanya gambar bergerak atau animasi yang menunjang suatu artikel yang menjadi materi pelajaran. Animasi tertentu (misal peredaran darah manusia atau arah medan magnet) tentu akan mempermudah siswa untuk membayangkan apa yang sedang mereka pelajari.
* Kecepatan mendapatkan informasi juga merupakan salah satu manfaat internet bagi siswa. Kadang siswa mungkin agak kesulitan saat harus mencari suatu materi di sebuah atau beberapa buah buku. Dengan adanya internet, siswa bisa menggunakan mesin pencari (misalnya Google) dan langsung mengetikkan kata kunci. Dalam sekejab, informasi yang dibutuhkan pun akan muncul. Sangat menghemat waktu belajar.
* Dengan adanya internet, siswa bisa dan guru bisa saling tetap berhubungan walau di luar jam sekolah. Misalnya, guru ingin memberikan tugas atau suatu materi tambahan pada siswa, ia bisa menggunakan media email (surat elektronik) untuk mengirim tugas pada murid-muridnya. Umumnya yang menggunakan metode seperti ini adalah mahasiswa yang duduk di bangku kuliah. Para dosen biasanya sering memberi tugas lewat email bila kebetulan dosen tersebut tidak bisa hadir saat jam kuliah.
* Tak hanya dalam masalah pelajaran sekolah, manfaat internet bagi siswa juga meliputi masalah pergaulan. Banyaknya jejaring sosial yang ada di internet juga memiliki pengaruh positif bagi siswa. Siswa akan terlatih untuk berhubungan atau bersosialisasi dengan orang lain, baik yang sudah dikenal maupun orang asing.

Jika terbiasa bersosialisai, tentu hal ini akan menambah kepercayaan diri siswa di sekolah dalam berhubungan dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk para guru. Sehingga diharapkan proses belajarnya bisa menjadi lebih baik.

Itu adalah beberapa manfaat internet bagi siswa yang ternyata sangat menunjang proses belajar mereka. Namun, bagaimanapun juga penggunaan internet tetap harus diawasi bahkan dibatasi agar siswa tetap berada di jalur positif dan tidak terjebak pada hal-hal negatif internet yang bisa menurunkan prestasi belajarnya di sekolah.

Berdasarkan realita diatas, PT. Telkom Indonesia Cabang Batulicin menyelenggarakan pelatihan internet dengan tema "Internet Technology Empowerment For Education". Pelatihan ini diselenggarakan selama dua kali setiap bulan. Dalam pelatihan ini peserta tidak dipungut biaya registrasi (GRATIS) dan akan mendapatkan Sertifikat Pelatihan dari PT. Telkom Indonesia.



Untuk informasi lebih lanjut dapat dihubungi :
WAWAN : 085299252228

Tidak ada komentar:

Posting Komentar